BUKAN hal baru jika
kini perilaku konsumen Indonesia semakin terbuka terhadap dunia
internet. Ini sejalan dengan perkembangan teknologi informasi (TI),
dimana para vendor dan produsen terus bersaing menampilkan berbagai
produk baru dengan aplikasi teknologi dan inovasi terbarunya. Bahkan,
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memrediksi
penetrasi pengguna internet tahun 2013 bakal naik hingga 30% atau
menjadi 82 juta pengguna. Dan diasumsikan akan terus bertambah menjadi
107 juta pada 2014 dan 139 juta atau 50 persen total populasi pada 2015.
Sementara, laporan MarkPlus Insight pada 2012, seperti dikutip dari Dailysocial.net
menyebutkan bahwa, hingga akhir 2012 lalu, pengguna internet di
Indonesia mencapai 61,08 juta orang, naik 10% dari tahun 2011. Beberapa
hasil temuan yang menarik, yang mesti kita telaah lebih dalam, adalah:
- 40% dari pengguna internet di Indonesia atau sekitar 24,2 juta orang mengakses internet lebih dari 3 jam setiap harinya.
- 58 juta orang (95%) mengakses internet dari notebook, netbook, tablet dan perangkat seluler
- Komunitas terbesar pengguna internet didominasi oleh kalangan middle class
- Mayoritas pengguna internet di Indonesia berada di rentang usia 15-35 tahun
- 56,4% pengguna rela berjam-jam berselancar di internet untuk mencari informasi dan penawaran terbaik tentang kebutuhannya (bargain hunter)
- 3,7 juta orang (6%) pernah melakukan transaksi e-commerce
Fakta lain dari data Kominfo menyebutkan
bahwa masyarakat Indonesia pengguna jejaring sosial juga sangat tinggi.
Pada 2012, Kominfo mencatat, pengguna Facebook telah mencapai 44,6 juta
pengguna atau terbesar ke-4 di dunia. Sementara pengguna Twitter
mencapai 19,5 juta pengguna.
Sementara data Asosiasi E-Commerce
Indonesia (IDEA) mencatat, total transaksi bisnis online di Indonesia
pada 2012 mencapai Rp60 triliun. Setengah dari transaksi tersebut
terjadi di Jakarta yang mencapai Rp30 triliun. Dan ini diperkirakan
bakal meningkat 10 kali lipat pada 2013, seperti yang dikatakan Daniel
Tumiwa, Country Manager PT Multiply Indonesia kepada Marketeers.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar