Kamis, 02 Mei 2013

Pertumbuhan Internet


BUKAN hal baru jika kini perilaku konsumen Indonesia semakin terbuka terhadap dunia internet. Ini sejalan dengan perkembangan teknologi informasi (TI), dimana para vendor dan produsen terus bersaing menampilkan berbagai produk baru dengan aplikasi teknologi dan inovasi terbarunya. Bahkan, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memrediksi penetrasi pengguna internet tahun 2013 bakal naik hingga 30% atau menjadi 82 juta pengguna. Dan diasumsikan akan terus bertambah menjadi 107 juta pada 2014 dan 139 juta atau 50 persen total populasi pada 2015.
Sementara, laporan MarkPlus Insight pada 2012, seperti dikutip dari Dailysocial.net menyebutkan bahwa, hingga akhir 2012 lalu, pengguna internet di Indonesia mencapai 61,08 juta orang, naik 10% dari tahun 2011. Beberapa hasil temuan yang menarik, yang mesti kita telaah lebih dalam, adalah:
  1. 40% dari pengguna internet di Indonesia atau sekitar 24,2 juta orang mengakses internet lebih dari 3 jam setiap harinya.
  2. 58 juta orang (95%) mengakses internet dari notebook, netbook, tablet dan perangkat seluler
  3. Komunitas terbesar pengguna internet didominasi oleh kalangan middle class
  4. Mayoritas pengguna internet di Indonesia berada di rentang usia 15-35 tahun
  5. 56,4% pengguna rela berjam-jam berselancar di internet untuk mencari informasi dan penawaran terbaik tentang kebutuhannya (bargain hunter)
  6. 3,7 juta orang (6%) pernah melakukan transaksi e-commerce
Fakta lain dari data Kominfo menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia pengguna jejaring sosial juga sangat tinggi. Pada 2012, Kominfo mencatat, pengguna Facebook telah mencapai 44,6 juta pengguna atau terbesar ke-4 di dunia. Sementara pengguna Twitter mencapai 19,5 juta pengguna.
Sementara data Asosiasi E-Commerce Indonesia (IDEA) mencatat, total transaksi bisnis online di Indonesia pada 2012 mencapai Rp60 triliun. Setengah dari transaksi tersebut terjadi di Jakarta yang mencapai Rp30 triliun. Dan ini diperkirakan bakal meningkat 10 kali lipat pada 2013, seperti yang dikatakan Daniel Tumiwa, Country Manager PT Multiply Indonesia kepada Marketeers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar